IBX5980432E7F390 Manfaat Buah Apel Untuk Tubuh - Global MengaJi

Manfaat Buah Apel Untuk Tubuh

Apel, adalah buah yang lezat dan enak dan banyak diminati dan banyak kandungannya. Apel merupakan buah yang salah satunya dapat di jadikan sebagai Anti Oksidan bagi tubuh kita. Dengan Banyak manfaat itu maka, Buah apel dapat di jadikan sebagai obat dari beberapa penyakit..

Manfaat buah apel bagi tubuh :

1.mampu melakukan regenerasi sel / menunda proses penuaan
2.memperbaiki otot - otot pencernaan pada saluran pembuangan
3.mampu menstabilkan gula darah
4.mampu menyerap kelebihan cairan dan membersihkan racun di dalam usus
5.mampu menyembuhkan penyakit jantung kronis
6. menurunkan kolesterol dan meningkatkan HDL
7. mampu melawan radang sendi (arthritis)
8. mampu mengendalikan dan mencegah obesitas / kegemukan / kelebihan berat badan
9. mengatasi diare
10. menyembuhkan sembelit
11. menurunkan tekanan darah
12. sebagai obat anti kanker

Kandungan yang bermanfaat dari buah apel :

1. Fosfor
2. Magnesium
3. Potassium
4. Karoten
5. Pektin

Tips memilih buah apel yang baik :

1. pilihlah buah apel yang masih keras, jangan pilih yang lembek / bonyok
2. buah apel tersebut memiliki warna yang cerah (tidak pucat) dan terlihat segar
3. berbentuk bulat tanpa ada lubang ataupun kerutan di kulitnya
================
MANFAAT BUAH APEL BAGI KESEHATAN TUBUH

Manfaat buah apel. Apel atau Malus domestica adalah buah yang pada mulanya berasal dari Asia Tengah, namun seiring dengan perkembangannya buah apel saat ini sudah tersebar merata keseluruh Dunia. Apel merupakan buah yang identik dengan warna kulit buah yang berwarna merah. Hampir semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yang bulan dan rasa apel itu sendiri. Karena apel digolongkan ke dalam jenis buah-buahan, maka apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.
Kandungan Buah Apel

Manfaat Buah Apel
Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel per 100 gram.
Kalori (kal) : 58g
Zat Besi : 0,3g
Kalsium : 6g
Lemak : 04g
Vitamin A : 90g
Vitamin C : 5g
Protein : 03g
Air : 84,1g
dll.
Manfat Buah Apel

Mengurangi resiko serangan kanker
 Mengurangi resiko serangan kanker
Manfaat bauh apel salah satunya dapt untuk mencegah serangan kanker. Hal ini dikarenakan, kandungan yang bernama flavonoid yang dapat bermanfaat untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda.

Menjaga kesehatan gigi
 Menjaga kesehatan gigi
Dengan mengkonsumsi secara rutin, buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengkroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi Anda tetap sehat.

Mencegah dehidrasi
Mencegah dehidrasi
Buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. 85% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.


Mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi
 Mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi
Apel dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung serta dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan apel dapat mencegah kolesterol dalam tubuh.

Menangkal radikal bebas
Pada kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.


Mencegah diare dan sembelit
Manfaat buah apel juga dapat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan seperti diare dan sembelit. Kandungan serat pada apel yang tinggi mampu untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit.


Mencegah diabetes
 Mencegah diabetes
Hal Ini dikarenakan, kulit apel memiliki kandungan senyawa fenolik. Untuk itulah disarankan, untuk mencuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir, sebelum Anda makan buah apel beserta kulitnya.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
 Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan pada buah apel yang bernama quercetin dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh, agar seseorang tidak mudah terkena penyakit terutama pada saat cuaca yang tidak bersahabat.


Penglihatan yang lebih jernih
 Penglihatan yang lebih jernih
Dengan rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat berperan besar untuk mencegah datangnya berbagai gangguan kesehatan mata salah satunya katarak.
========
Manfaat Apel Untuk Diet dan Untuk Kesehatan
Manfaat apel sudah tersohor sabagai buah yang sangat membantu menjaga kesehatan dan bahkan untuk mecegah penyakit, tentu juga ampuh untuk diet. Siapa yang tidak suka apel? Buah cantik ini banyak dikonsumsi untuk membantu diet. Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari sebuah apel, mari kita bahas satu per satu.

Manfaat Apel Untuk Diet

Manfaat apel untuk diet merupakan salah satu yang paling terkenal di jagad raya, termasuk di seluruh Indonesia. Bagaimana apel dapat membantu diet harian anda agar sukses ? Cara kerja apel untuk diet hampir sama dengan manfaat beras merah yaitu dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah ini membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita.

Lalu apa hubungannya ? ini akan sangat membantu agar asupan makanan/nafsu makan makanan berkalori tinggi dapat kita minimalisir. Ketika lambung telah terdapat glukosa, lambung merasakan lapar dan memerintahkan otak untuk mencari makanan.

manfaat apelSetelah makan rasa lapar otomatis hilang, dan disinilah peran serat apel untuk lebih lama bertahan dilambung dan membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung sehingga anda tidak akan merasa kelaparan. Tenang apel tidak memiliki kandungan lemak dan kaya serat jadi aman untuk diet dan usus.

Manfaat buah pir dan singkong  juga ampuh untuk diet ini jika anda tidak menyukai apel :).

Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Tidak perlu diragukan kembali, manfaat apel untuk kesehatan juga tentunya sangat powerful dan melebihi yang bisa kita perkirakan. Apel memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, nah ini adalah beberapa manfaat apel yang menakjubkan untuk tubuh manusia.

1. Membantu kerja usus halus

Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

2. Mengurangi resiko gangguan pernapasan

Sebuah studi baru-baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan  anak dalam kandungannya.

3. Menyehatkan rongga mulut dan gigi

Ternyata apel juga memiliki fungsi loh untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

4. Memberikan perlindungan pada tulang

Kandunga flavonoid (phloridzin) merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.

5. Mengkontrol gula darah

Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

Top Herbal Untuk Diabetes
6. Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

Top Untuk Kanker
7. Kesehatan Otak

Buah Apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

8. Mencegah Parkinson

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

9. Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

10. Baik untuk pencernaan

Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan berbagai vitamin dan mineral yang mudah di cerna oleh tubuh, untuk itu, apel adalah salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk pencernaan.

11. Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

12. Mencegah batu empedu

Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.

13. Mengatasi Diare dan Sembelit

Apakah Anda tidak bisa pergi ke kamar mandi (sulit bab) atau tidak bisa berhenti (diare) ? Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini walaupun masing masing bertolak belakang. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

14. Detoksifikasi Hati

Detoksifikasi adalah salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di zaman yang semakin maju kita tidak akan pernah terlepas dari konsumsi bahan mengandung ‘racun’ apakah itu dari minuman atau makanan. Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.

15. Mencegah katarak

Untuk manfaat apel yang satu ini, meskipun penelitian sebelumnya belum terlalu meyakinkan mengenai manfaat apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan katarak.

16. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

17. Mencegah wasir

Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

Manfaat apel untuk kesehatan tubuh dan diet merupakan salah satu yang paling populer diantara buah-buahan lainnya. Sakin populernya bahan apel juga dijadikan cuka, produk ini laris manis karena manfaat cuka apel juga sangat ampuh untuk hipertensi dan penyakit genting lainnya.
=========
Manfaat Buah Apel - Apel termasuk buah mewah, karena harganya cukup mahal dan tidak semua kalangan sering menikmatinya. Meskipun demikian tidak ada salah sanya kalau kita bahas mengenai seputar Manfaat Buah Apel yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya atau mengolahnya, karena memang buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebelum kita bahas apa saja Manfaat Buah Apel, ada baiknya kalau kita perkenalan terlebih dahulu dengan buah yang menginspirasi Hukum Newton 2 ini. Tahukah anda, apel termauk famili Rosaceae dan memiliki nama latin Pyrus malus.
Kandungan Nutrisi Buah Apel

Selain senyawa pektin, dalam satu buah apel ukuran 100 gram juga terkandung banyak zat gizi. Diantaranya Kalori (58 kalori), Hidrat arang (14,9 gram), Lemak (0,4 gram), Protein (0,3 gram), Kalsium (6 mg), Fosfor (10 mg), Zat Besi (0,3 mg), Vitamin A (90 SI), Vitamin B1 (0,04 mg), Vitamin C(5 mg) dan Air (84 %).
 
Buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti susah buang air besar, mengobati diare hingga mengatasi diabetes. Masih ada  banyak lagi manfaatnya yang harus anda ketahui baik untuk kesehatan juga untuk perawatan kecantikan.

Buah Apel Merah


Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Berikut ini setidaknya ada 40 manfaat buah apel yang bisa kita peroleh yang kami rangkum dari berbagai sumber, simat selengkapnya di bawah ini:
1. Sistem pencernaan

Mengkonsumsi dua buah apel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti konstipasi dan diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.
2. Diabetes

Buah apel bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Caranya, ambil satu buah apel yamg sudah masak ukuran sedang. Kemudian belah menjadi empat bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Saring airnya, kemudian diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Info menarik lainnya Manfaat air kelapa
3. Kaya antioksidan

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.
4. Mencegah Risiko Alzheimer

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.
5. Kesehatan gigi

Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.
6. Mencegah Katarak

Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.
7. Menurunkan Risiko Kanker

Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan kanker payudara.
8. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah aple yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, hal ini dikarenakan buah apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres
9. Mencegah Wasir

Selanjutnya, manfaat buah apel yang sudah tidak diragukan lagi adalah untuk mencegah wasir. Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.
10. Mengeluarkan Racun di dalam Hati

Nah, ini dia salah satu khasiat buah apel yang sangat luar biasa, buah apel dapat mendetoksifikasi racun yang ada di dalam hati, sehingga hati kita lebih ringan kerjanya, karena memang hati kita merupakan protektor awal terhadap racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.
11. Mengatasi Diare

Anda mengalami diare? Nah, serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi diare yang adnda derita. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

Jangan lewaatkan juga Manfaat jeruk nipis
12. Mengatasi Sembelit

Selain dapat mengatasi diare, buah aple juga berkhasiat untuk mengatasi sembelit atau susah BAB. Hal ini juga dikarenakan kandungan serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi sembelit yang anda derita. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.
13. Mencegah Batu Empedu

Manfaat buah apel yang selanjutnya adalah dapat mencegah batu empedu, tahukah anda batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.
14. Sehat untuk Jantung

Anda bisa memiliki jantun sehat dengan mengkonsumsi buah apel, hal ini didasari pada sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.
15. Menurunkan Kolesterol

Anda mengalami kegemukan? Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.
16. Mencegah Parkinson

Buah apel juga bermanfaat untuk mencegah parkinson, hal ini sudah melalui penelitian ilmiah, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.
17. Sehat untuk Otak

Manfaat buah apel untuk otak juga sangat luar biasa, buah ini telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.
18. Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Buah apel juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah kita. Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.
19. Menyehatkan Tulang

Buah aple juga bermanfaat untuk menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid (phloridzin) yang ada di dalam buah apel ini berfungsi mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.
Baca juga Manfaat buah pisang
20. Menyehatkan Rongga Mulut

Dengan mengkonsumsi buah apel maka mulut akan terangsang untuk memproduksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.
21. Mengurangi Resiko Gangguan Pernapasan

Tidak hanya untuk pencernaan, ternyata buah apel juga bermanfaat untuk pernafasan kita. Sebuah studi baru-baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan  anak dalam kandungannya.
22. Membantu Kinerja Usus Halus

Buah ini juga dapat meringankan kinerja usus halus. Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.
23. Menyehatkan Payudara

Manfaat buah apel untuk wanita juga luar biasa, salah satunya adalah dapat menyehatkan payudara. Dengan mengkonsumsi apel secara teratur maka kanker payudara wanita dapat dicegah sedini mungkin.
24. Manfaat Apel untuk Diet

Anda ingin memiliki berat badan ideal? Konsumsilah Apel setiap hari secara teratur karena konsumsi apel dapat melancarkan pencernaan usus. Apel memiliki serat yang dapat membantu proses pencernaan.
25. Mencegah Pikun

Buah apel juga bermanfaat untuk mencegah pikun, hal ini dikarenakan kandungan quercetin pada apel yang dapat melindungi otak dari radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit al-zheimer. Studi ini dilakukan oleh sebuah Universitas ternama bernama Cornell.
26. Mencegah dan Mengobati Anemia

Anda kurang darah? Anemia merupakan kondisi dimana darah kekurangan hemoglobin untuk meningkatnya kembali dibutuhkan asupan zat besi yang sangat kaya terkandung dalam buah apel.
27. Mengembalikan Stamina Tubuh

Buah apel juga dapat mengembalikan stamina dengan cepat. Bagi anda olahragawan atau anda yang sedang stress, hal ini membuat asam laktat dalam tubuh meningkat. Jika tidak segera diatasi maka akan mengganggu organ dan kesehatan tubuh. Nah, apel mengandung kalium dan enzim yang dapat meredakan kelelahan saat olahraga dan mengurangi asam laktat dalam tubuh.
28. Mengembalikan Tubuh yang Lesu

Buah apel juga dapat mengembalikan kebugaran tubuh kit. Anda saat ini sedang tidak fit, segar, atau sedang merasa lesu lemas lunglai. Sebaiknya belilah apel sekarang juga di toko buah karena apel dapat mengembalikan kelehaman tubuh akibat berbagai macam faktor. Sayang baik dikonsumsi oleh pasien yang sedang dalam masa penyembuhan. Keseimbangan kesehatan tubuh dapat dicapai dengan mengkonsumsi apel secara teratur.
29. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya kulit tubuh, tapi kulit wajah juga menjadi lebih sehat. Maka tak jarang beberapa orang memanfaatkan apel sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan beberapa diantaranya juga memanfaatkan apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.
30. Menekan Tumbuhnya Sel Kanker Paru-paru

Buah apel juga dapat menekan tumbuhnya sel kanker paru-paru, Informasi ini diambil pada sebuah studi yang melibatkan 10.000 partisipan. Seluruh partisipan tersebut mengkonsumsi apel dengan jumlah yang berbeda. Nah, uniknya partisipan yang mengkonsumsi apel dengan jumlah lebih banyak tidak beresiko terkena kanker paru - paru sebanyak 50%. Sampai saat ini masih diteliti lebih lanjut apakah zat bernama flavonoid, quercetin dan lain sebagainya yang mempengaruhi hal ini.
31. Menyehatkan Mata

Buah apel juga bermanfaat untuk menyehatkan mata, bahkan dapat mencegah berbagai masalah pada mata seperti rabun senja. Rabun senja adalah momok paling menakutkan bagi manusia karena dapat mengurangi ketajaman indera penglihatan. Jika Anda merasa sudah tidak bisa fokus melihat saat senja hari sebaiknya mulai sekarang konsumsilah apel karena Manfaat Buah Apel dipercaya dapat menyehatkan mata kembali.
32. Mencegah dan Mengobati Asma

Bagi anda yang suka mengkonsumsi jus apel, lanjutkan saja karena buah apel dapat mencegah penyakit ashma. Gangguan pernafasan ini memang tidak mengenal usia dapat menyerang seseorang mulai usia anak - anak sampai dewasa sekalipun.
33. Mencegah Dehidrasi

Manfaat buah apel lainnya juga dapat mencegah dehidrasi, 85% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.
34. Menangkal Radikal Bebas

Pada kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.
35. Menetralkan Irritable Bowel Syndrome

Buah apel juga bermanfaat untuk menetralkan Irritable Bowel Syndrome, sindrom ini adalah suatu kondisi medis yang diindikasikan dengan nyeri perut dan kram, serta ada perubahan pola buang air besar. Erat pula terhadap diare dan sembelit.Untuk mengontrol gejala tersebut, dokter merekomendasikan tiap orang untuk menghindari susu dan makanan berlemak dan menggantinya dengan asupan tinggi serat yang terdapat dalam buah apel.
36. Memutihkan Gigi

Buah apel juga bermanfaat untuk memutihakn gigi, tahukah anda ternyata menggigit daging apel sama seperti menggosok menggunakan sikat dan pasta gigi, yang menjadikan apel lebih hebat dari kedua alat dan bahan untuk memutihkan gigi tersebut karena membantu meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mencegah terjadinya kerusakan gigi.
Buah apel merupakan sikat dan pasta gigi alami yang juga merupakan rahasia gigi putih para dokter, jadi jika Anda ingin memiliki gigi yang putih berseri seperti para dokter, rajin-rajinlah makan buah apel saat waktu santai.
37. Menghilangkan Kantung Mata

Selain menyehatkan mata, buah apel juga dapat menghilangkan kantung mata. Lakukan perawatan dengan masker mata. Iris buah apel dan letakkan diatas kedua mata, pastikan agar kelopak juga tertutupi. Atau, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan sari apek dengan kentang parut untuk menutupi mata dengan memberi alas kain hangat. Setelah itu biarkan mata dirileksasi selama 10 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.
38. Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan

Buah apel juga bermanfaat untuk kecantikan seperti mengatasi kulit berjerawat, kendur dan berminyak. Caranya sangat mudah, campuran antara bubur apel mentah dan cuka sari apel yang dioleskan pada wajah dapat mengatasi masalah kulit wajah berminyak yang memicu timbulnya jerawat. Apel juga menyetarakan tingkat pH kulit yang menurunkan tingkat produksi minyak pada kulit wajah.
Untuk mengencangkan kulit wajah dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh lapisan kulit Anda bisa mengoleskan cuka sari apel pada wajah menggunakan kapas yang dibentuk bulat seperti bola. Perawatan ini sama halnya seperti toner.
39. Mengangkat Kotoran yang Menempel di Kulit

Untuk melakukan perawatan wajah akibat kotoran yang menempel anda bisa menggunakan masker buah apel, cobalah membuat masker dari buah apel yang telah dimasukkan ke dalam lemari es selama satu jam atau lebih, kemudian balurkan pada seluruh kulit tubuh, terutama wajah.
40. Menyehatkan Kulit Kepala dan Rambut

Buah apel juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara perawatannya:
Bahan-bahan:
2 buah apel berukuran sedang, atau 4 apel berukuran sedang, sesuaikan dengan panjang rambut.
2 sdm cuka apel.
1 sdt jus lemon atau jeruk nipis.
1 sdt tepung jagung.
Cara Membuat Produk Perawatan Alami:
Belah apel, singkirkan bagian tengah, kemudian perut sampai halus ke dalam mangkuk.
Tambahkan 2 sdm cuka apel dan 1sdt jus lemon/jeruk nipis juga 1 sdm tepung jagung, aduk rata.
Balurkan pasta pel pada rambut dalam keadaan kering, tutup dengan shower cap, balut lagi dengan handuk, diamkan selama 30 menit.
Jika sudah, bilas rambut dengan air hangat, kemudian keramas dengan menggunakan shampo.
Perawatan ini bisa Anda lakukan seminggu sekali.
Bagaimana? Ternyata sangat banyak ya Manfaat Buah Apel, bukan. Jangan ragu-ragu lagi untuk selalu mengkonsumsi buah apel sebelum makan. Baca juga Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan dan Nutrisnya.
========
manfaat buah apel bagi kesehatan-.Pada tahun 2004,para ilmuwan USDA menyelidiki lebih dari 100 makanan untuk mengukur konsentrasi antioksidan per porsi ukuran. Dua apel yaitu

Red Delicious
Granny Smith

masing-masing berperingkat 12 dan 13 .salah satu Kandungan didalam apel ini adalah Antioksidan Antioksidan adalah senyawa melawan penyakit. Para ilmuwanyakin senyawa dalam apel ini membantu
mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel normal. Apel juga
penuh serat disebut pektin.
Apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat. Pektin digolongkan sebagai serat larut, difermentasi dan kental, kombinasi yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan


 Baca Juga : 25 manfaat pepaya untuk kesehatan

1. 8 Fakta unik tentang apel


Ada lebih dari 7.500 varietas apel yang tersebar ke seluruh penjuru dunia -Ketika makan apel berarti Anda mengkonsumsi banyak udara; 25 persen dari volume apel adalah udara
Pohon apel adalah termasuk kedalam keluarga mawar
Apel memiliki kandungan protein sebesar 5 persen
Pohon apel dapat hidup sampai 100 tahun
Dibutuhkan energi dari 50 daun untuk menghasilkan satu buah apel
Apel terbesar yang berhasil ditimbang adalah seberat 3 pound
Apel adalah buah yang paling populer kedua di Amerika Serikat (pisang adalah yang pertama)
Apel telah diketetahui menghasilkan paling banyak pestisida yang terkontaminasi menurut The Environmental Working Group. Pestisida paling umum ditemukan pada apel yang Permetrin dan DDT. Cobalah untuk membeli apel organik atau jika Anda tidak bisa, cucilah secara menyeluruh sebelum digunakan sebaiknya dengan buah dan sayuran mencuci atau mengupas mereka.
Biji apel beracun bila dimakan dalam dosis tinggi, dan harus dihindari oleh wanita hamil atau menyusui dan anak-anak

2. Manfaat buah apel


Gigi lebih putih dan sehat

Sebuah apel tidak akan mengganti sikat gigi Anda, namun dengan menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut Anda dan mengurangi kerusakan gigi dengan
menurunkan tingkat bakteri yang ada pada mulut

Menurukan resiko kanker

Menurut National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker
kolorektal. Berdasarkan Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research menyetujui bahwa konsumsi apel yang kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen.Sementara itu,Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa triterpenoid di kulit apel yang memiliki ampuh kegiatan anti-pertumbuhan melawan sel-sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Penelitian mereka sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari seluruh apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus


Mencegah Alzheimer

Para ilmuan melakukan sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus yang menunjukkan bahwa minum jus apel bisa mencegah Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus dalam penelitian yang diberi makan diet apel ditingkatkan menunjukkan tingkat yang lebih tinggi dari neurotransmitter asetilkolin dan melakukan yang lebih baik dalam tes labirin dibandingkan pada diet biasa


Menurunkan risiko diabetes

Wanita yang makan minimal satu apel sehari adalah 28 persen lebih mungkin terhindar dari diabetes dibandingkan mereka yang tidak makan apel. Apel mengandung serat larut, yaitu kunci untuk menumpulkan ayunan gula darah.


Mencegah penyakit Parkinson atau penyakit degeneratif syaraf

Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang makan buah dan makanan tinggi serat lainnya
mendapatkan sejumlah perlindungan atau pencegahan terhadap penyakit Parkinson, penyakit yang ditandai dengan gangguan dopamin. Para ilmuwan telah menghubungkan ini dengan kekuatan melawan radikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalamnya -Mengurangi kolesterol
Serat larut yang ditemukan dalam apel mampu mengikat lemak di usus, yang mampu menurunkan
kadar kolesterol


Membuat jantung sehat

Sebuah badan penelitian telah mengaitkan asupan serat larut tinggi dengan penumpukan lambat plak
kaya kolesterol dalam arteri Anda. fenolik senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah
kolesterol yang masuk ke sistem Anda dari memperkuat di dinding arteri Anda. Ketika plak membangun di dalam arteri Anda, mengurangi aliran darah ke jantung Anda, yang mengarah ke arteri koroner


Mencegah batu empedu

Batu empeduterbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu Anda. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantuAnda mengontrol kadar berat badandan kolesterol Anda


Mengobati diare dan sembelit

Anda tidak bisa berhenti pergi ke kamar mandi ?, serat yang ditemukan dalam
apel dapat membantu anda. Serat baik dalam apel dapat menarik air keluar dari usus Anda atau menyerap kelebihan air dari tinja Anda.


Menetralisir sindrom iritasi usus

sindrom iritasi usus ditandai dengan sembelit, diare, dan sakit perut dan kembung. Untuk mengontrol gejala ini dokter menyarankan menjauhkan diri makanan susu dan lemak termasuk asupan tinggi serat dalam diet Anda


Mencegah wasir Wasir

Adalah urat bengkak di saluran dubur, pembuluh darah ini bisa sangat menyakitkan. Penyebabnya
adalah terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan rektum. Serat dapat mencegah Anda
dari mengejan terlalu banyak saat akan ke kamar mandi dan dengan demikian dapat membantu meringankan wasir


Mengontrol berat badan

Banyak masalah kesehatan Anda berhubungan dengan kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi,dan diabetes tipe 2. Untuk mengontrol berat badan
dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dokter menyarankan diet kaya serat.


Menyehatkan Hati

Banyak dokter yang skeptis dari diet detoks, mengatakan mereka memiliki potensi untuk melakukan
lebih berbahaya daripada baik. Untungnya, salah satu yang terbaik dan termudah hal yang dapat Anda
makan untuk membantu menyehatkan hati Anda adalah buah seperti apel.


Meningkankan Sistem Kekebalan Tubuh

Apel mengandung anti-oksidan yang dikenal dengan flavonoid dan quercetin, terutama pada apel dengan kulit merah. Studi terbaru menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama ketika Anda stres. Salah satu antioksidan tersebut, tepatnya quercetin akan meningkatkan sistem imun manusia untuk membangun tameng alami dari virus penyebab penyakit. Ditambah dengan kandungan vitamin C dan serat yang bersifat sebagai anti inflamasi sehingga peranan quercetin sedikit diringankan oleh kedua nutrisi ini. Karena hal ini banyak ahli yang menganggap apel sebagai buah pemacu imunitas tinggi.


Kesehatan Otak

Apel mampu untuk melindungi sel-sel neuron terhadap stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan dapat memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.


Tinggi serat larut

Apel mempunyai serat larut (5 gram). Serat ini telah terbukti mengurangi gangguan usus, termasuk diverticulitis, wasir dan beberapa jenis kanker.membantu mengontrol kadar insulin dengan melepaskan gula perlahan ke dalam aliran darah.juga dapat membersihkan , mendetoksifikasi, dan membantu menghilangkan logam berat, seperti timbal dan merkuri. Anjuran memakan apel: -Makan apel dengan kulit untuk mendapatkan nutrisi; banyak nutrisi dalam kulit atau tepat di bawah kulit (sebagian besar vitamin C dan vitamin A dalam kulit).
========
Buah apel merupakan buah yang sudah tidak asing lagi di negara ini. Buah yang memiliki nama latin Malicus domestica ini terkenal akan kaya manfaat yang dimilikinya. Anda mungkin sering melihatnya sebagai santapan penutup setelah menu utama dan banyak sekali dijumpai di meja makan masyarakat saat ini.

Ya, karena masyarakat percaya mengonsumsi buah apel dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Namun apakah Anda tahu jika ternyata buah berwarna merah maupun hijau ini selain bagus untuk tubuh juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda agar tetap cantik?

Berikut Manfaat Buah Apel Untuk Kecantikan

1. Mengobati Jerawat dan Bekasnya

Hampir semua orang di muka bumi ini pernah mengalami jerawat yang tumbuh pada wajah ataupun pada bagian tubuh lain seperti leher dan punggung. Jerawat memang mampu membuat kadar stress manusia naik. Banyak cara yang telah dilakukan untuk menghilangkan jerawat seperti berobat ke dokter kulit dan menggunakan cream pembersih wajah dengan kandungan bahan kimia.

Nah, bagi Anda yang sedang tidak percaya diri memiliki jerawat pada kulit wajah anda tak perlu risau. Manfaat buah apel yang satu ini di percaya dapat mengatasi jerawat Anda karena kandungan yang dimilikinya, Anda dapat meraciknya menjadi toner dengan mencampurkannya dengan madu asli. Lakukan secara rutin dan rasakan khasiatnya

2. Menghilangkan Mata Panda

Bagi Anda yang sering melakukan rutinitas di malam hari sehingga mengakibatkan jarang tidur dan menyebabkan mata panda keesokan harinya, maka Anda perlu mencoba manfaat buah apel yang satu ini.

Anda dapat menyulapnya sebagai obat mata panda dengan cara memotong buah apel menjadi bagian yang kecil dan oleskan sebagai kompres alami pada area mata yang menghitam. Lakukan secara rutin dan rasakan manfaatnya.

3. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Memiliki pori-pori besar ternyata dapat menjadi pemicu munculnya jerawat pada wajah. Jerawat yang merupakan hal paling di benci saat tumbuh pada wajah timbul karena pori-pori kulit wajah yang besar. Hal tersebut yang membuat kelenjar minyak bersekresi secara berlebihan.

Bagi Anda yang malas berurusan dengan bekas jerawat maka lebih baik jika melakukan pencegahan secara dini dengan cara mengecilkan pori-pori wajah Anda. Manfaat buah apel yang kali ini dapat Anda sulap menjadi masker wajah.

Caranya adalah dengan menghaluskan buah apel dengan cara di blender dan mencampurkannya dengan gula secukupnya. Setelah itu anda dapat menjadikannya scrub rutin dengan cara mengoleskan dan memijatkannya ke wajah. Lakukan cara tersebut secara berkelanjutan, rasakan khasiatnya di kulit Anda kemudian.

4. Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Ketombe dikulit kepala merupakan masalah yang cukup serius dimiliki terkait dengan tingkat percaya diri seseorang yang dapat menurun. Jika Anda salah satu yang mengalami masalah pada ketombe tak perlu lagi cemas, karena manfaat buah apel yang satu ini ternyata dapat mengatasinya.

Kandungan Vitamin A yang dimiliki buah apel dapat membantu anda mengusir ketombe yang ada di kulit kepala dan memperkuat rambut Anda agar tidak mudah rontok.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Manfaat Buah Apel Untuk Tubuh"

Posting Komentar